PENGARUH PELATIHAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA GURU DI YPAC SEMARANG


Iftikhah Ulfiyanti , 1511414013 (2019) PENGARUH PELATIHAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA GURU DI YPAC SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PELATIHAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA GURU DI YPAC SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PELATIHAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA GURU DI YPAC SEMARANG) - Published Version
Download (592kB) | Preview

Abstract

Employee engagement merupakan hubngan atau keterlibatan yang sangat erat secara fisik, emosional dan kognitif antara individu dengan organisasi tempatnya bekerja, yang mengantarkan seseorang kepada sikap dan perilaku positif terhadap organisasi atau perusahaan demi tercapainya tujuan dan kesuksesan bersama. Hasil studi awal menunjukkan bahwa guru di YPAC Semarang memiliki employee engagement yang rendah. Salah satu variabel diduga dapat meningkatkan employee engagement adalah kecerdasan emosional, dengan cara dilakukannya pelatihan. Di satu sisi seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, serta menggunakan perasaan-perasaan itu untuk memandu pikiran dan tindakan. Kemampuan tersebut disebut dengan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah menguji ada tidaknya pengaruh pelatihan kecerdasan emosional terhadap employee engagement pada guru di YPAC Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain one-group prestest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah guru di YPAC Semarang. Sampel dalam penelitian ini 25 guru dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala employee engagement yang berisi 40 item dengan koefisien reliabilitas α = 0,967. Hasil perhitungan dibantu dengan software pengolah data, didapati employee engagement pada di YPAC Semarang sebelum (pretest) dilakukannya pelatihan kecerdasan emosional berada dalam kategori tinggi dan setelah (posttest) dilakukannya pelatihan kecerdasan emosional berada dalam kategori sangat tinggi dengan hasil uji wilcoxon diketahui nilai Z sebesar -2,651. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ada pengaruh pelatihan kecerdasan emosional terhadap employee engagement pada guru di YPAC Semarang diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Employee Engagement, Kecerdasan Emosional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 16:13
Last Modified: 04 Dec 2019 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33632

Actions (login required)

View Item View Item