HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECANTIKAN FISIK DENGAN PERILAKU MEMBELI PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNNES


Dwi Hasnalathifani Hidayatillah , 1511413158 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECANTIKAN FISIK DENGAN PERILAKU MEMBELI PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNNES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECANTIKAN FISIK DENGAN PERILAKU MEMBELI PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNNES]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECANTIKAN FISIK DENGAN PERILAKU MEMBELI PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNNES) - Published Version
Download (804kB) | Preview

Abstract

Kecantikan merupakan salah satu kebutuhan wanita yang selalu ingin dipenuhi. Konstruksi kecantikan yang telah dibentuk oleh media berhasil mendorong perilaku membeli produk kosmetik. Perilaku membeli produk kosmetik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah persepsi terhadap kecantikan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi kecantikan fisik dengan perilaku membeli produk kosmetik pada mahasiswi psikologi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi aktif jurusan psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang yang membeli dan menggunakan produk kosmetik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 301 mahasiswi dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah propotional stratiefied random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala perilaku membeli dan skala persepsi kecantikan fisik. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) persepsi kecantikan fisik dengan perilaku membeli produk kosmetik sebesar 0,597 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000 (p < 0,05) sehingga hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi kecantikan fisik dengan perilaku membeli produk kosmetik pada mahasiswi psikologi Universitas Negeri Semarang. Nilai r positif menunjukan arah hubungan kedua variabel positif. Artinya semakin tinggi persepsi terhadap kecantikan fisik maka semakin tinggi pula perilaku membeli produk kosmetik, begitu juga sebaliknya semakin rendah persepsi terhadap kecantikan fisik maka semakin rendah pula perilaku membeli produk kosmetik pada mahasiswi psikologi Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Membeli, Persepsi Kecantikan Fisik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 16:13
Last Modified: 04 Dec 2019 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33631

Actions (login required)

View Item View Item