PRASANGKA SOSIAL TERKAIT AGAMA, DISABILITAS DAN GENDER PADA SISWA SEKOLAH DASAR


M Fahmi Idris , 1511413148 (2019) PRASANGKA SOSIAL TERKAIT AGAMA, DISABILITAS DAN GENDER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PRASANGKA SOSIAL TERKAIT AGAMA, DISABILITAS DAN GENDER PADA SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PRASANGKA SOSIAL TERKAIT AGAMA, DISABILITAS DAN GENDER PADA SISWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (953kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang sangat beragam, fenomena ini sangat menarik karena tidak semua negara memiliki keragaman seperti di Indonesia, adanya perbedaan-perbedaan seperti ini akan sering menjadikan masalah untuk terjadinya interaksi sosial yang baik. Prasangka sosial terjadi karena adanya Adanya kategorisasi dalam keanggotaan kelompok, prasangka sering di tunjukkan kepada seseorang atau kelompok yang berbeda dengannya, prasangka memberikan dampak yang tidak baik bagi yang individu yang berprasangka maupun individu yang diprasangka, saat ini prasangka sudah semakin berkembang, prasangka juga muncul pada usia anak anak., Prasangka pada anak anak adalah prasangka yang di peroleh melalui sosialisasi langsung yang dilakukan oleh orang tua mereka maupun sumber sumber lain, seperti pengaruh teman sebaya dan lingkungan yang menjadikan berkembangnya prasangka. Prasangka yang terjadi pada anak-anak akan menjadi masalah yang serius dan berbahaya jika tidak dikontrol dan diantisipasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran prasangka sosial terkait agama,disabilitas dan gender pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Variabel pada penelitian ini adalah prasangka. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di SD Jatisari, SD 01 Cangkiran, SD Roudhotulhuda SD 2 Sekaran, SD 05 Ngaliyan. Pengambilan sampel yang akan dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling combined with stratification Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling yang berjumlah 499 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prasangka. Analisis dan reliabiltas instrumen menggunakan software pengolah data. Instrumen dinyatakan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,897, penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran adanya prasangka yang tinggi pada prasangka terkait agama dengan persentase 54,5%, pada prasangka terkait disabilitas didominasi pada kategori sedang 58,7% dan pada prasangka terkait gender di dominasi pada kategori sedang 63,6%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keberagaman, anak-anak, prasangka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 16:17
Last Modified: 04 Dec 2019 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33629

Actions (login required)

View Item View Item