PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP EGO DEPLETION PADA MAHASISWA


Rega Wibiyakto Nugroho , 1511413069 (2019) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP EGO DEPLETION PADA MAHASISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP EGO DEPLETION PADA MAHASISWA]
Preview
PDF (PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP EGO DEPLETION PADA MAHASISWA) - Published Version
Download (764kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa memiliki banyak tanggung jawab dan tugas yang terkadang sangat menguras energi baik fisik maupun psikis. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki regulasi diri yang baik agar dapat meminimalisir terjadinya ego depletion pada diri mahasiswa tersebut saat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 116 mahasiswa angkatan 2016, 2017, dan 2018 Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang dengan teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling.Data penelitian diambil menggunakan dua skala, yaitu skala ego depletion yang terdiri dari 28 aitem valid dan skala regulasi diri yang terdiri dari 25 aitem valid. Skala ego depletion memiliki koefisien validitas sebesar 0,317 sampai dengan 0,799 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,911. Skala regulasi diri memiliki koefisien validitas sebesar 0,302 sampai 0,747 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,878. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi yang dihitung dengan bantuan software pengolah data statistik. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh negatif yang signifikan antara regulasi diri terhadap ego depletion pada mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (nilai r = -0,551 dengan p < 0,001), selain itu hasil penelitian juga menunjukan pengaruh regulasi diri terhadap ego depletion sebesar 30,4% (nilai R Square = 0,304). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa gambaran secara umum ego depletion berada pada kategori sedang dengan presentase 78,44% dan gambaran secara umum regulasi diri berada pada kategori sedang dengan presentase 60,35%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 16:30
Last Modified: 04 Dec 2019 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33625

Actions (login required)

View Item View Item