HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SHOOL WELL BEING PADA SISWA SMK TUJUH LIMA 1 PURWOKERTO
Luthfi Noorman Perdana , 1511412108 (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SHOOL WELL BEING PADA SISWA SMK TUJUH LIMA 1 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SHOOL WELL BEING PADA SISWA SMK TUJUH LIMA 1 PURWOKERTO)
- Published Version
Download (857kB) | Preview |
Abstract
Memperoleh pendidikan yang layak merupakan hak bagi setiap warga negara, hal ini di atur secara sah oleh negara dalam UUD 1945 amandemen keempat Bab XIII, nomor 20 tahun 2003. SMK menjadi salah satu lemabaga pendidikan yang perperan aktif untuk mencerdaskan anak bangsa, dengan focus mendidik siswa untuk siap terjun dalam dunia kerja, yang menjadikan SMK menjadi salah satu lembaga pendidikan yang peminatnya mengalamai peningkatan setiap tahunnya. Tingginya minat masyarakat terhadap SMK seringkali tidak di imbangi dengan kualitas saranan dan prasarana dari sekolah, hal ini seringkali memberikan dampak terhadap kesejahteraan siswa di sekolah (school well-being) yang tentunya akan berdapak pada kesuksesan siswa, dengan kondisi sekolah yang tidak selalu sesuai dengan harapan siswa, tentunya di butuhkan kecerdasan emosional siswa agar tetap bisa mencapai kesuksesan yang di inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendapatkan gambaran Kecerdasan Emosional, 2) mendapatkan gambaran school well-being, 3) menguji hubungan antara kecerdasan emosional dan school well-being siswa SMK secara ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto kelas XI berjumlah 319 siswa dengan sampel 167 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan mengambil 50% dari jumlah populasi. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi, yaitu Skala kecerdasan emosional (28 aitem, α = 0,874) dan Skala school well-being (22 aitem, α = 0,872). Kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto berada dalam kategori sedang. Kondisi school well-being siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto berada dalam kategori sedang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan hasil koefisien korelasi sebesar (rxy) = 0,616 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu “ada hubungan kecerdasan emosional dengan school well-being pada siswa SMK” diterima.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa SMK, Kecerdasan Emosional, School Well-being |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 14:45 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 14:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33617 |
Actions (login required)
View Item |