TINGKAT FLOURISHING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (STUDI KOMPARASI BERDASARKAN GENDER)


Noviana Iman Sari , 1511412060 (2019) TINGKAT FLOURISHING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (STUDI KOMPARASI BERDASARKAN GENDER). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TINGKAT FLOURISHING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (STUDI KOMPARASI BERDASARKAN GENDER)]
Preview
PDF (TINGKAT FLOURISHING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (STUDI KOMPARASI BERDASARKAN GENDER)) - Published Version
Download (650kB) | Preview

Abstract

Flourishing adalah salah satu kata kunci utama dalam istilah psikologi positif yang didefinisikan sebagai keadaan seseorang, suatu organisme, atau suatu kelompok, dimana ia menunjukkan perkembangan yang optimal dan fungsi-fungsinya berjalan pula dengan sangat baik. Pentingnya sebagai mahasiswa untuk mencapai tingkat flourishing sehingga menjadi pribadi yang berkembang secara penuh dan dapat menjalankan fungsi-fungsi dalam kehidupan dengan sangat baik, terlebih peran mahasiswa dalam masyarakat yang sangat diharapkan untuk menjadi generasi penerus yang aktif dalam memajukan kesejahteraan bangsa Flourishing dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Flourishing pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, serta ada tidaknya perbedaan Flourishing Mahasiswa jika ditinjau berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 Mahasiswa. Teknik sampling yang dipakai, yaitu incidental sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala The Perma Profiler yang terdiri dari 25 aitem. Skala The Perma Profiler mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,378 sampai dengan 0,627 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,929. Flourishing Mahasiswa dalam kategori tinggi dengan karakteristik yang paling berpengaruh, yaitu positive relationship. Metode analisis menggunakan Wilcoxon Mann Whitney U-Test dengan hasil Z Score = -0,576 dengan nilai signifikansi 0,565 (p > 0,05), sehingga tidak ada perbedaan Flourishing Mahasiswa jika ditinjau berdasarkan gender. Positive Emotion mahasiswa 90,4% tinggi dan 9,4% sedang. Engagement mahasiswa 73,1% tinggi dan 26,9% sedang. Positive Relationship mahasiswa 84,6% tinggi dan 15,4% sedang. Meaning of Life mahasiswa 76,9% tinggi dan 23,1% ssedang. Accomplishment mahasiswa 65,4% tinggi dan 34,6% berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flourishing, Psikologi Positif, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 14:45
Last Modified: 04 Dec 2019 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33616

Actions (login required)

View Item View Item