PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG


Septian Triatmaja , 1401415451 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sukses atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diataranya kemandirian dan kedisiplinan belajar. Kemandirian dan kedisiplinan merupakan bagian dari pengendalian diri dan kepribadian. Siswa yang memiliki kemandirian belajar yang baik maka akan memengaruhi hasil belajar yang diperolehnya. Begitu pula dengan kedisiplinan belajar siswa, semakin baik kedisiplinan maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh. Fakta empiris menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA terdapat beberapa siswa yang belum tuntas, kemandirian dan kedisiplinan belajar yang kurang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemandirian dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus Hasanudin Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumen PAS IPA pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, serta angket kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar yang telah valid dan reliabel. Analisis deskriptif menggunakan pedoman konversi skala-5 dan rumus nilai indeks. Data penelitian telah memenuhi uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis yaitu analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi ganda, uji koefisien regresi secara bersama-sama, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (5,035>1,980) dan besarnya korelasi 0,424 atau sedang. Besar sumbangan pengaruh antara kemandirian dan hasil belajar adalah 17,9%; (2) ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa thitung>ttabel (5,592>1,980) dan korelasi keduanya dalam kategori sedang (0,461) dengan besar pengaruh 21,2%; (3) ada pengaruh kemandirian dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (16,753>3,075) dan besarnya korelasi keduanya dikategorikan sedang (0,475) dengan besar pengaruh 22,6%. Saran peneliti hendaknya (1) guru hendaknya memberikan arahan serta bimbingan agar siswa lebih kreatif yang berkaitan dengan kemandirian belajar, selain itu guru dapat memberikan contoh untuk siswa pecahkan. (2) guru hendaknya berkoordinasi dengan orang tua siswa tentang kebiasaan belajar siswa di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Kedisiplinan belajar; Kemandirian belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:47
Last Modified: 04 Dec 2019 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33612

Actions (login required)

View Item View Item