PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP STORY BOOK PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI HIDUP RUKUN KELAS II SDN JATI 02


OSI LILIYAFI , 1401415441 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP STORY BOOK PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI HIDUP RUKUN KELAS II SDN JATI 02. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP STORY BOOK PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI HIDUP RUKUN KELAS II SDN JATI 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP STORY BOOK PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI HIDUP RUKUN KELAS II SDN JATI 02) - Published Version
Download (949kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan dalam UU No. 22 tahun 2006 merupakan mata pelajaran yang bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi. Berdasarkan pra penelitian di kelas II SDN Jati 02, melalui data yang didapat berupa hasil belajar, wawancara dan juga observasi pada pembelajaran PKn didapatkan hasil bahwa hasil belajar PKn pada siswa kelas II belum baik, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat informasi tentang materi hidup rukun, terbatasnya sumber belajar yang digunakan guru, dan belum tersedianya media buku cerita bergambar untuk mata pelajaran PKn. Sehingga perlu dilakukan pengembangan media untuk memudahkan siswa memahami materi dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development. Prosedur penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari sepuluh langkah model pengembangan menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba skala kecil dan skala besar. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil peretest dan posttest pada uji kelompok besar dengan perolehan rata-rata N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Pada hasil uji perbedaan rata-rata dengan t-test diperoleh bahwa thitung (7,119) > ttabel (2,062), maka Ho ditolak dan Ha diterima Simpulan penelitian ini yaitu media lift the flap story book layak dan efektif untuk efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pada mata pelajaran PKn materi hidup rukun kelas II SDN Jati 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hidup rukun, lift the flap story book, PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:51
Last Modified: 04 Dec 2019 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item View Item