Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orang tua terhadap Motivasi Belajar pada Warga Belajar Paket B di Kabupaten Pekalongan.


Nurul Evviyah, 1214000007 (2005) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orang tua terhadap Motivasi Belajar pada Warga Belajar Paket B di Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orang tua terhadap Motivasi Belajar pada Warga Belajar Paket B di Kabupaten Pekalongan.]
Preview
PDF (Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orang tua terhadap Motivasi Belajar pada Warga Belajar Paket B di Kabupaten Pekalongan.) - Published Version
Download (9kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian 1) Adakah pengaruh gaya kepemimpinan orang tua terhadap motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B, 2) Berapa besar kontribusi masing-masing gaya kepemimpinan orang tua dalam mempengaruhi motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B 3) gaya kepemimpinan manakah yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B. Tujuan penelitian 1) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan orang tua terhadap motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B, 2) mengetahui kontribusi masing-masing gaya kepemimpinan orang tua dalam mempengaruhi motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B, 3) Mengetahui gaya kepemimpinan orang tua yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar pada warga belajar pada warga belajar kejar paket B. Populasi penelitian ini adalah semua warga belajar kejar paket B di Kabupaten pekalongan sebanyak 250 warga belajar yang tersebar di 4 lokasi yaitu SKB dan PKBM di Kabupaten Pekalongan. Sampel diambil secara stratified random sampling sebanyak 50 siswa yang diambil dari tiap-tiap tempat antara 10 – 17 warga belajar. Variabel yang diteliti ada dua yaitu gaya kepemimpinan otoriter (X1), gaya kepemimpinan orang tua demokratis (X2) dan gaya kepemimpinan laizzes faire (X3). Sedangkan sebagai variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (Y). untuk memeperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket. Metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier ganda. Gaya kepemimpinan orang tua otoriter, demokrasi dan laissez faire bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B. Besarnya kontribusi efektif masing-masing gaya kepemimpinan orang tua dalam mempengaruhi motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B yaitu gaya kepemimpinan otoriter 6,90% (kurang baik), gaya kepemimpinan orang tua demokrasi 42,18% (baik) dan gaya kepemimpinan orang tua laissez faire 16,77% (cukup baik). Gaya kepemimpinan orang tua yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar pada warga belajar kejar paket B adalah gaya kepemimpinan demokrasi. Disarankan 1) kepada orang tua lebih banyak menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi kepada anaknya. Meskipun demikian orang tua bisa menggunakan gaya kepemimpinan lain yaitu otoriter dan laissez faire karena keduanya memiliki peranan penting dalam menumbuhkan motivasi belajar.2) kepada warga belajar hendaknya mempertahankan motivasi belajarnya dan selalu berusaha meningkatkannya dengan cara lebih menperjelas tujuan belajar yang akan dicapai dan memprioritaskan usaha-usaha yang dapat menunjang terwujudnya tujuan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 06:29
Last Modified: 15 Aug 2011 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item View Item