PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SDN 1 GROBOGAN


Dimas Hermawan , 1401415440 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SDN 1 GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SDN 1 GROBOGAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SDN 1 GROBOGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian di kelas V SDN 1 Grobogan melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa penyebab siswa sulit untuk memahami muatan IPS yaitu kurang optimalnya guru dalam mengembangan media pembelajaran IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Penilaian Tengah Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018 dengan presentase ketuntasan 37,5 % pada muatan IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan dan keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPS kelas V SDN 1 Grobogan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur penelitian ini terdiri atas: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi terbatas. Subyek penelitian ini adalah 40 siswa kelas V SDN 1 Grobogan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji ketuntasan belajar, uji hipotesis, dan ujin-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga layak digunakan dengan skor penilaian kelayakan media 88% dengan kriteria sangat layak dan penilaian kelayakan komponen isi materi 92,5% dengan kriteria sangat layak. kelayakan media ular tangga ini juga didukung dengan hasil angket tanggapan siswa dan guru kelas V yang memperoleh presentase kelayakan sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Sehingga media ular tangga dinilai layak diujicobakan.Uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa hasil postest memenuhi ketuntasan klasikal. Uji hipotesis menggunakan paired samples t-test observasi berpasangan menunjukkan thitung = -8.952289113 dan t(1-α),(n-1) = 1.7 sehingga t ≤ -ttabel disimpulkan bahwa μB< 0 maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan media Ular Tangga terhadap hasil belajar IPS. Skor N- Gain yang diperolah adalah 0.51553 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini menunjukkan media ular tangga layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia muatan IPS Kelas V SDN 1 Grobogan. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media ular tangga pada pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Ular Tangga; Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:52
Last Modified: 04 Dec 2019 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33609

Actions (login required)

View Item View Item