ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI BULUNGAN (STUDI KASUS DI SD NEGERI BULUNGAN)


PUJI GUNARTI , 1401415438 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI BULUNGAN (STUDI KASUS DI SD NEGERI BULUNGAN). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI BULUNGAN (STUDI KASUS DI SD NEGERI BULUNGAN)]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI BULUNGAN (STUDI KASUS DI SD NEGERI BULUNGAN)) - Published Version
Download (955kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah pembelajaran menggambar ilustrasi di SD Negeri Bulungan dilakukan oleh guru kelas karena tidak mempunyai guru seni rupa, utamanya menggambar ilustrasi. Guru kurang menguasai materi menggambar ilustrasi, dalam pelaksanaannya siswa mengalami kesulitan dalam menggambar ilustrasi yaitu menemukan ide dan menuangkannya dalam bentuk gambar, serta nilai menggambar ilustrasi siswa yang telah mencapai batas KKM yaitu 75. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menggambar ilustrasi kemampuan siswa dalam menggambar ilustrasi sudah baik terbukti dengan rata-rata persentase penilaian kemampuan menggambar ilustrasi siswa yang mencapai 62,25% (kategori baik) dengan persentase tertinggi yaitu 100% dan persentase terendah yaitu 40%. Proses pembelajaran ilustrasi berjalan dengan baik, namun guru tidak selalu menggunakan pedoman dalam RPP sehingga apa yang guru sampaikan kepada siswanya bersifat fleksibel sesuai apa yang guru ketahui karena penguasaan materi terbatas oleh guru. Sedangkan faktor yang memengaruhi siswa dalam menggambar antara lain; siswa antusias dalam menggambar, namun kemampuan menggambar ilustrasi dalam membentuk objek gambar masih rendah, konsentrasi siswa terganggu karena situasi yang gaduh. Guru kurang menguasai materi menggambar ilustrasi, sehingga materi yang disampaikan terbatas, strategi pembelajaran yang digunakan guru yaitu dengan memberikan contoh gambar melalui print out di papan tulis, sehingga membuat siswa bosan serta media dan sarana pembelajaran yang digunakan terbatas. Simpulan penelitian ini adalah siswa sudah mampu menggambar ilustrasi dengan baik. Proses pembelajaran berjalan secara fleksibel. Faktor yang memengaruhi siswa yaitu siswa cenderung meniru gambar dan kesulitan menemukan ide, faktor guru yang kurang menguasai materi, strategi pembelajaran hanya dilakukan dengan memberikan gambar print out di papan tulis dan sarana pembelajaran yang terbatas dalam pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan; menggambar ilustrasi; penelitian kualitatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:53
Last Modified: 04 Dec 2019 13:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33608

Actions (login required)

View Item View Item