PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO


Taufik Ashari, 1401415436 (2019) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK  TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO) - Published Version
Download (793kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja seorang guru merupakan bagian paling penting dalam sekolah, guru sangat menentukan dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerja profesional guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya meliputi faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah kompetensi pedagogik yang dimiliki guru. Dan faktor dari luar yang mempengaruhi kinerja guru salah satunya adalah pengawasan dan manajerial dari kepala sekolah dan yang berkaitan dengan penelitan ini yaitu supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru sekolah dasar Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo sebanyak 296. Sampel penelitian sebanyak 124 guru yang ditentukan dengan teknik probablity sampling dengan jenis cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur dan angket atau kuesioner. Uji prasyarat yang digunakan, yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, korelasi sederhana, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 4,8%; (2) terdapat pengaruh mkompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 5%; (3) terdapat pengaruh antara supervisi akademik dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 9,6%. Dapat disimpulkan bahwa: supervisi akademik dan kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sekolah dasar Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 6,402 > 3,07114 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 9,6%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : kinerja guru, kompetensi pedagogik, supervisi akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:54
Last Modified: 04 Dec 2019 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33607

Actions (login required)

View Item View Item