PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MOJO


ERIKA WAHYU NURANI , 1401415435 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MOJO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MOJO]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MOJO) - Published Version
Download (809kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian di kelas IV di SD N 2 Mojo, hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) dalam mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang rata-rata teruntasan siswa paling rendah. Nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang menunjukkan siswa mendapat nilai dibawah KKM ada 27 siswa (25%) dari 36 siswa. Dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 80. KKM yang telah di tetapkan yaitu 71. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan dan keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Android, bagaimanakah keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Android pada materi gaya di SD Negeri 2 Mojo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dam menguji keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis android, mendeskripsikan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis android, dan mendeskripsikan uji keefektifan terbatas pada siswa kelas IV SDN 2 Mojo. Penelitian ini mengacu pada teori Januszewski dan Mollena (2008) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni; analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian diperoleh: a) LKS berbasis android bapat digunakan pada smartphone bertipe lolypop; b) analisis penilaian ahli media dan materi LKS berbasis android materi gaya dinyatakan layak dengan rata-rata kelayakan 91 %; c) LKS berbasia android efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi gaya terhadap hasil uji perbedaan rata-rata belajar dengan thitung sebesar -13,552 ttabel 1,995469. Data perhitungan N-gain sebesar 0,569775 dilihat dari selisih hasil pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, android, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:16
Last Modified: 04 Dec 2019 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33605

Actions (login required)

View Item View Item