KEEFEKTIFAN MODEL PBL BERBANTU QUESTION CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALISOKA 03 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Afiyah Khofifah, 1401415433 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PBL BERBANTU QUESTION CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALISOKA 03 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PBL BERBANTU QUESTION CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALISOKA 03 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PBL BERBANTU QUESTION CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALISOKA 03 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai faktor yang memengaruhi keberhasilan proses pembelajaran matematika salah satunya yaitu guru kurang berinovasi dalam mengemas pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa pasif dan kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Pembelajaran seperti itu berdampak pada rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Question Card. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model PBL berbantu Question Card dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional berbantu gambar pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala di kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Sebanyak 37 siswa kelas V dijadikan sebagai populasi dalam penelitian ini dengan rincian 20 siswa SDN Kalisoka 02 dan 17 siswa SDN Kalisoka 03. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasinya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data skor motivasi belajar menggunakan independent samples t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,601> 2,030) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,651> 2,030). Ini berarti terdapat perbedaan antara skor motivasi dan hasil belajar yang menggunakan model PBL berbantu Question Card dengan yang menggunakan model konvensional berbantu gambar. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data skor motivasi belajar menggunakan one sample t test diperoleh thitung > ttabel (3,369>1,746) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,350> 1,746). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa skor motivasi dan hasil belajar yang menggunakan model PBL berbantu Question Card lebih efektif daripada yang menggunakan model konvensional berbantu gambar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantu Question Card efektif terhadap peningkatan skor motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kalisoka 03 pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model PBL, motivasi belajar, Question Card
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:17
Last Modified: 04 Dec 2019 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33604

Actions (login required)

View Item View Item