PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DAN CD TARGUDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LAGU DAERAH SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 KOTA SEMARANG
Tyas Nurfitriana , 1401415430 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DAN CD TARGUDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LAGU DAERAH SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DAN CD TARGUDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LAGU DAERAH SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (502kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data di lapangan, media yang menunjang untuk siswa dalam mengenal lagu daerah kurang sehingga menyebabkan ketertarikan siswa terhadap lagu daerah kurang. Berdampak juga pada pemahaman dan kemampuan siswa terhadap lagu daerah yang kurang sehingga diperlukan pengembangan buku pengayaan dan CD Targuda untuk meningkatkan pemahaman lagu daerah. Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan desain buku pengayaan dan CD Targuda; (2) menguji kelayakan buku pengayaan dan CD Targuda; (3) menguji keefektifan buku pengayaan dan CD Targuda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan metode Research and Development model Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Tempat dan waktu penelitian yaitu SD Negeri Kalibanteng Kulon 01 pada semester genap tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes berupa pretest dan posttest serta non tes berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) desain buku pengayaan dan CD Targuda yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. (2) kelayakan buku pengayaan dan CD Targuda dilihat dari penlaian ahli materi sebesar 84,4% (sangat layak), ahli media sebesar 81,3% (sangat layak). (3) keefektifan buku pengayaan dan CD Targuda dilihat dari hasil belajar siswa baik kognitif maupun keterampilan. Hasil peningkatan rata-rata posttest yang dihitung menggunakan N-gain pada skala kecil sebesar 0,658 dan pada skala besar adalah 0,477 termasuk dalam kategori sedang. Hasil angket tanggapan guru dan siswa memperoleh persentase 86% dan 92% termasuk kategori sangat layak. Kefektifan penggunaan buku pengayaan dan CD Targuda didukung oleh hasil unjuk kerja siswa dengan rata-rata klasikal 78,3 , 76,0 dan 71,7. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan buku pengayaan dan CD Targuda memenuhi kriteria kelayakan dan efektif digunakan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, CD Targuda, pemahaman lagu daerah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 13:18 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 13:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33603 |
Actions (login required)
View Item |