PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN DAN VIDEO TUTORIAL TEMOPAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 SEMARANG


Ita Wulan Safitri , 1401415427 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN DAN VIDEO TUTORIAL TEMOPAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN DAN VIDEO TUTORIAL TEMOPAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN DAN VIDEO TUTORIAL TEMOPAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KULON 01 SEMARANG) - Published Version
Download (798kB) | Preview

Abstract

Pada Pembelajaran Bahasa Jawa di kelas V SD N Kalibanteng Kulon 01 Semarang, pemahaman dan skill nembang macapat siswa rendah. Peneliti mengembangkan media pembelajaran agar siswa dapat meningkatkan keterampilan nembang macapat. Pengembangan media pembelajaran meliputi media buku panduan dan video tutorial “Temopat” yang telah disesuaikan dengan perkembangan siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi tembang macapat. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan (Research and Development). Teknik yang digunakan yaitu tes dan nontes dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, angket, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, pakar/ahli, dan peneliti. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SD N Kalibanteng Kulon 01 Semarang. Waktu penelitian dimulai dari bulan Desember 2018 sampai April 2019.Analisis data menggunakan analisis data produk dan hasil belajar psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan media pembelajaran buku panduan dan video tutorial Temopat. Berdasarkan validasi ahli materi memperoleh presentase 85% dengan kategori sangat layak, dan dari ahli media memperoleh persentase76,92% dengan kategori layak. (2) penggunaan media pembelajaran buku panduan dan video tutorial “Temopat” efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada skala kecil sebesar 81 % dan dan pada skala besar sebesar 76%. Simpulan penelitian menunjukkan hasil pengembangan media pembelajaran buku panduan dan video tutorial Temopat telah memenuhi kriteria layak serta dapat meningkatkan keterampilan nembang siswa. Saran pada penelitian ini adalah guru dan sekolah dapat mengembangkan media untuk meningkatkan hasil belajar dan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Keterampilan, Nembang Macapat, Video Tutorial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:18
Last Modified: 04 Dec 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33602

Actions (login required)

View Item View Item