PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD SOLFAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TANGGA NADA KELAS V SD NEGERI SAMPANGAN 02 SEMARANG


Ali Mustofa , 1401415425 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD SOLFAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TANGGA NADA KELAS V SD NEGERI SAMPANGAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD SOLFAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TANGGA NADA KELAS V SD NEGERI SAMPANGAN 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD SOLFAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TANGGA NADA KELAS V SD NEGERI SAMPANGAN 02 SEMARANG) - Published Version
Download (953kB) | Preview

Abstract

Ditemukan data di lapangan bahwa media dalam pembelajaran materi tangga masih terbatas. Media yang tersedia di SDN Sampangan 02 Semarang berupa buku guru dan buku siswa belum menyampaikan materi tangga nada secara menyeluruh. Sehingga diperlukan pengembangan buku panduan dan CD materi tangga nada yang membantu dalam pembelajaran SBdP kelas V. Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan desain produk; (2) menguji kelayakan produk; (3) menguji keefektifan produk. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development Sugiyono, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Sampangan 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji T-test, dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) buku panduan dan CD didesain berdasarkan kebutuhan siswa dan guru; (2) buku panduan dan CD sangat layak diterapkan pada proses pembelajaran SBdP di Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan berdasarkan presentase dari ahli media sebesar 92%, ahli materi sebesar 93%, dan ahli bahasa sebesar 88,9%; (3) buku panduan dan CD efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar SBdP, yang dibuktikan dengan peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada kelompok kecil 0% meningkat menjadi 83,33% dan pada kelompok besar 3,13% meningkat menjadi 93,75%. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar psikomotorik pada kelompok kecil 0% meningkat menjadi 83,33% dan pada kelompok besar 3,13% meningkat menjadi 84,38%. Keefektifan media juga didukung dengan presentase tanggapan guru sebesar 96% dan tanggapan siswa kelompok kecil sebesar 97% dan 92,1% pada kelompok besar. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan buku panduan dan CD materi tangga nada pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas V SD Negeri Sampangan 02 Semarang memenuhi kriteria kelayakan dan efektif digunakan dalam pembelajaran SBdP sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan; CD; hasil belajar tangga nada
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:28
Last Modified: 04 Dec 2019 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33601

Actions (login required)

View Item View Item