PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MUATAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KELAS III SDN PLAMONGANSARI 02 KOTA SEMARANG
Ayuk Ramadhan , 1401415421 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MUATAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KELAS III SDN PLAMONGANSARI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MUATAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KELAS III SDN PLAMONGANSARI 02 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran muatan PPKn di SDN Plamongansari 02 yang belum optimal serta belum optimalnya penggunaan media pembelajaran. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas terendah ada pada muatan PPKn yaitu 73,73 serta masih terdapat peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 11 peserta didik. Usia anak Sekolah Dasar yang masih membutuhkan benda konkrit untuk memudahkan dalam memahami persoalan serta karakter peserta didik yang suka dengan bentuk-bentuk kartun sehingga peneliti memilih mengembangkan media Komik sebagai media pembelajaran muatan PPKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku komik pada pembelajaran muatan PPKn, menguji kelayakan dan keefektifan media komik pada pembelajaran muatan PPKn. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall, dengan 8 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji normalitas hasil pretest dan posttest untuk mengetahui apakah berdistribusi normal atau tidak, sedangkan analisis data akhir menggunakan Uji t-test dan N-Gain untuk mengetahui keefektifan media Komik. Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media komik memperoleh persentase penilaian ahli materi sebesar 93,75% (sangat layak), sedangkan persentase penilaian ahli media sebesar 92,86% (sangat layak). Hasil penelitian uji coba kelompok kecil diperoleh hasil bahwa media komik layak untuk digunakan terbukti dengan hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 98,21% (sangat layak) dan angket tanggapan pendidik sebesar 100%(sangat layak). Sedangkan uji pemakaian kelompok besar hasil rata-rata posttest sebesar 75 lebih tinggi dibandingkan rata-rata pretest hanya 60,68, hasil uji keefektifan menggunakan uji t yang diperoleh thitung sebesar 10,238 sedangkan ttabel sebesar 2,048 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, kemudian hasil perolehan N-gain sebesar 0,433 termasuk dalam kriteria sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa media komik layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKn materi Hak dan Kewajiban. Saran bagi pendidik hendaknya dapat menerapkan penggunaan media komik pada berbagai model pembelajaran sesuai tujuan yang akan dicapai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik; PPKn; Hak dan Kewajiban |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:29 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33600 |
Actions (login required)
View Item |