ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PESERTA DIDIK KELAS V SD SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL
Maulida Nafiati , 1401415418 (2019) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PESERTA DIDIK KELAS V SD SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PESERTA DIDIK KELAS V SD SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (943kB) | Preview |
Abstract
Penilaian merupakan prosedur atau kegiatan memeroleh informasi melalui perencanaan, penetapan tujuan, pengumpulan data, sampai kepada pengambilan keputusan secara sistematis berdasarkan aturan tertentu dalam melaksanakan penilaian untuk menentukan keberhasilan belajar peserta didik dan keberhasilan guru dalam mengajar. Penelitian ini terfokus pada pelaksanaan penilaian portofolio dalam Kurikulum 2013 di kelas V SD Sumurpanggang 1 Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pelaksanaan penilaian portofolio dan kendala dalam pelaksaaan penilaian portofolio. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, pengawas, guru kelas V, serta peserta didik kelas V SD Sumurpanggang 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu derajat kepercayaan berupa triangulasi dan member check, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa (1) perencanaan dan pelaksanaan dilakukan oleh guru dengan baik, tugas serta rubrik juga sudah sesuai dengan indikator pembelajaran. Pada perencanaan, guru menentukan KD yang dijadikan sebagai penilaian portofolio, menyampaikan tujuan pembelajaran dan kriteria penilaian, serta menyiapkan map. Pelaksanaan penilaian portofolio dilakukan guru sesuai dengan perencanaannya yang meliputi melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan yang tercantum dalam RPP, menilai hasil tugas dan menyampaikannya kepada peserta didik, kumpulan tugas peserta didik didokumentasikan ke dalam map, serta yang mendapatkan hasil terbaik, akan dipajang pada papan. Dalam hal ini, dilakukan perbaikan pada tugas yang belum mencapai KKM. Tugas yang dikerjakan peserta didik memuat identitas dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, rubrik penilaian dibuat oleh guru yang mengacu pada Buku Guru dan Buku Siswa. Analisis data hasil penelitian selanjutnya, (2) kendala seperti membutuhkan waktu yang lama, sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru dan peserta didik. Kendala selanjutnya yaitu kemampuan peserta didik yang berbeda, sehingga dibutuhkan keterampilan guru dalam mengelola kelas secara menyeluruh agar peserta kegiatan pembelajaran berjalan secara efisien. Selain itu, kendala lain yang ditemukan selama penelitian meliputi dana, sumber informasi dalam mengerjakan tugas, dan kelengkapan bagian-bagian portofolio.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan; Kendala Penilaian Portofolio; Kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:30 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33599 |
Actions (login required)
View Item |