PENGEMBANGAN MEDIA KADOBUDI (KARTU DOMINO BUDAYA INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG
Danang Fatkhul Muslim , 1401415417 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KADOBUDI (KARTU DOMINO BUDAYA INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KADOBUDI (KARTU DOMINO BUDAYA INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG)
- Published Version
Download (637kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS yang rendah. Penyebabnya antara lain guru hanya menggunakan media peta Indonesia dan buku cetak IPS, siswa kurang optimal dalam belajar karena hanya tersedia satu media pembelajaran IPS, serta belum adanya pengembangan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain (1) Bagaimanakah desain pengembangan media pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SD kelas IV SDN Purwoyoso 02?, (2) Bagaimanakah kelayakan media KADOBUDI pada muatan pembelajaran IPS siswa SD kelas IV SDN Purwoyoso 02?, (3) Bagaimanakah keefektifan media KADOBUDI pada muatan pembelajaran IPS siswa SD kelas IV SDN Purwoyoso 02?. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Purwoyoso 02 Semarang yang berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran KADOBUDI berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kelompok kecil kemudian diterapkan pada kelompok besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, data dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli media sebesar 97% (sangat layak) dan persentase yang didapat oleh ahli materi adalah 95% (sangat layak). Hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t diperoleh thitung 14,480 dan ttabel sebesar 2,032. Peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,493 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media KADOBUDI layak untuk digunakan dan efektif terhadap hasil belajar IPS materi keragaman budaya di Indonesia. Saran untuk siswa sebaiknya membaca dengan cermat buku panduan media KADOBUDI dan lebih cermat dalam memasangkan kartu sesuai dengan petunjuk yang ada, sehingga hasil belajar bisa lebih optimal. Guru sebaiknya menyediakan media pembelajaran interaktif dan menarik pada muatan pembelajaran lain untuk mendukung proses belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kartu domino, keragaman budaya di Indonesia, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:30 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33598 |
Actions (login required)
View Item |