PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CUT NYAK DIEN KABUPATEN TEGAL


Anggita Dwi Prastiwi , 1401415416 (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CUT NYAK DIEN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CUT NYAK DIEN KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CUT NYAK DIEN KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (639kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten, sehingga mampu bersaing dengan negara lain. Dalam pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Belajar merupakan kegiatan yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku positif. Dalam proses belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu efikasi diri dan motivasi. Efikasi diri dan motivasi belajar yang rendah akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi. Metode penelitian menggunakan metode ex post facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi yang berjumlah 148 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari efikasi diri (X1), motivasi belajar (X2), dan hasil belajar matematika (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling jenis proportionate stratified random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dari 233 siswa, diperoleh sampel penelitian sejumlah 148 siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tiga teknik yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan thitung > ttabel (6,233 > 1,976) dan sumbangan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 21%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung > ttabel (5,281 > 1,976) dan sumbangan variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 16%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (19,639 > 3,058) dan besar sumbangan efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 21,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi. Disarankan pada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat memberi bimbingan dan arahan untuk dapat meningkatkan efikasi diri dan motivasi belajar, karena berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri; Hasil Belajar Matematika; Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:31
Last Modified: 04 Dec 2019 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33597

Actions (login required)

View Item View Item