PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SDN PLAMONGANSARI 02
Evy Tarissya Setiawanti , 1401415415 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SDN PLAMONGANSARI 02. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SDN PLAMONGANSARI 02)
- Published Version
Download (776kB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (Susanto, 2016:137), merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang dikemas secara ilmiah dalam rangka memberi wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik, khususnya di tingkat dasar dan menengah. Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dengan pendidik kelas V SDN Plamongansari 02 menunjukkan permasalahan dalam pembelajaran muatan pelajaran IPS. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah. Sekolah hanya memiliki media berupa globe dan peta. Media pembelajaran yang digunakan pendidik hanya gambar-gambar pada buku tematik serta PowerPoint yang berbentuk tekstual. Penggunaan gambar-gambar belum mampu membangkitkan minat dan motivasi peserta didik secara maksimal. Selain itu penggunaan Powerpoint yang berbentuk tekstual kurang tepat diterapkan di SD karena peserta didik memerlukan media pembelajaran yang berbentuk konkret. Selain itu peserta didik kelas V SDN Plamongansari 02 kurang berminat membaca sumber belajar lain. Sumber belajar yang digunakan di kelas V berupa Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Permasalahan tersebut juga didukung dengan data hasil belajar pada Penilaian Akhir Semester 1 (PAS 1) muatan IPS, dari 34 peserta didik, 27 peserta didik (80%) mendapat nilai di bawah KKM dan 7 peserta didik(20%) mendapat nilai di atas KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media E-Comic dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Plamongansari 02. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini yaitu SDN Plamongansari 02, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas V SDN Plamongansari 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes (wawancara, angket, dan dokumentasi). Analisis data dalam penelitian yaitu analisis kelayakan media dan analisis keefektifan media. Media E-Comic mendapatkan kriteria sangat layak oleh validator materi dengan persentase kelayakan sebesar 96,5%, dan oleh validator media dengan persentase 98,8% atau termasuk kriteria sangat layak. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t diperoleh thitung sebesar 12, 6772 dan ttabel sebesar 2,056. Simpulan penelitian ini yaitu media buku bergambar PKn layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia, sesuai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Plamongansari 02. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu kelayakan media E-Comic dapat lebih ditingkatkan dengan menambahkan penilaian dan validitas oleh ahli bahasa, sehingga bahasa dalam media sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Comic; IPS; proklamasi kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:32 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33596 |
Actions (login required)
View Item |