KEEFEKTIFAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI
Dhiah Sulistyorini , 1401415413 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI)
- Published Version
Download (966kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro ditemukan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu dalam menulis teks fiksi yang sesuai dengan unsur-unsur fiksi. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil pembelajran menulis teks fiksi adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik, inovatif dan sesuai materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media flipbook terhadap menulis teks fiksi pada siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji z dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa data pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil Uji-Z menunjukkan nilai Zhitung (0,211) > Ztabel (-1,645) sehingga dapat diartikan bahwa hasil belajar menggunakan media flipbook terhadap menulis teks fiksi telah memenuhi ketuntasan klasikal. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen yaitu 0,052072 < 0,494228. Berdasarkan analisis indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kriteria sangat baik dengan presentase 92% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flipbook efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks fiksi pada kelas IV. Saran bagi guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar dengan pemilihan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipbook, keefektifan, menulis teks fiksi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:33 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33595 |
Actions (login required)
View Item |