PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN KRAMAT


Ana Fauziyah , 1401415410 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN KRAMAT. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN KRAMAT]
Preview
PDF (PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN KRAMAT) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang penting dan diajarkan hampir di semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Dalam Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP (2006:147) menyebutkan pelajaran matematika penting untuk diajarkan kepada siswa sejak di SD karena matematika dapat membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, dan kemampuan untuk bekerjasama. Penguasaan siswa dalam pelajaran matematika dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapainya. Faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar matematika antara lain kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 330 dengan 181 sampel yang diambil dengan teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar dengan hasil uji t yakni thitung > ttabel (10,426 > 1,973) dengan pengaruh sebesar 37,8% terhadap hasil belajar. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar dengan hasil uji t yakni thitung > ttabel (14,875 > 1,973) dengan pengaruh sebesar55,3% terhadap hasil belajar. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji F yakni Fhitung > Ftabel (156,776 > 3,047) dengan pengaruh sebesar 64,2% terhadap hasil belajar. Disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kramat. Saran peneliti sekolah hendaknya menghimbau orang tua untuk memantau dan mengoptimalkan kegiatan belajar siswa di rumah, agar siswa tidak mengerjakan PRnya di sekolah dan tidak mencontek temannya. Sekolah juga hendaknya memantau kegiatan bimbingan guru dengan siswa yang kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajarnya rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah; Minat Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:35
Last Modified: 04 Dec 2019 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33592

Actions (login required)

View Item View Item