ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM LKS MAESTRO KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi di Dabin 1 Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen)


Rian Pandu Saputra , 1401415407 (2019) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM LKS MAESTRO KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi di Dabin 1 Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM LKS MAESTRO KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi di Dabin 1 Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen)]
Preview
PDF (ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM LKS MAESTRO KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi di Dabin 1 Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SD Se-Dabin 1 Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen, menunjukkan bahwa hampir semua guru di Dabin 1 menggunakan instrumen penilaian autentik yang ada dalam LKS Maestro. Instrumen-instrumen tersebut digunakan tanpa melalui analisis instrumen, sedangkan instrumen penilaian pada LKS belum diketahui kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik dalam LKS Maestro kelas IV tema 6 yang digunakan beberapa SD di Dabin 1 Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen-instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS Maestro karangan Ira Riyansari yang diterbitkan oleh CV Hasan Pratama tahun 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru kelas IV dan observasi pada instrumen penilaian autentik pada LKS. Analisis instrumen penilaian ranah kognitif dilakukan dengan menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif Bloom, sedangkan analisis instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor dilakukan dengan menyesuaikan kriteria penulisan instrumen menurut Kunandar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian ranah kognitif ditinjau dari aspek materi dan bahasa memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, sedangkan dari aspek konstruksi memiliki validitas isi berkategori sedang. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal latihan dalam LKS Maestro tidak merata, dibuktikan dengan beberapa latihan yang tidak memuat aspek C3 (menerapkan) yaitu pada subtema 2, ulangan harian 3, dan pada soal pilihan ganda di setiap ulangan harian. (2) Instrumen penilaian ranah afektif yang terdapat pada LKS Maestro kelas IV tema 6, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, sehingga memiliki kualitas yang tidak baik. (3) Instrumen penilaian ranah psikomotor yang terdapat pada LKS Maestro kelas IV tema 6, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, sehingga memiliki kualitas yang tidak baik. Simpulan penelitian ini bahwa instrumen penilaian autentik dalam LKS Maestro kelas IV tema 6 tahun 2019 pada ranah kognitif memiliki kualitas yang baik, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor memiliki kualitas yang tidak baik. Saran dari peneliti hendaknya guru melakukan analisis pada instrumen penilaian pada buku ajar yang akan digunakan atau lebih baik menyusun sendiri instrumen yang akan digunakan, serta untuk penerbit hendaknya memenuhi kriteria penulisan instrumen saat menyusun instrumen penilaian autentik terutama pada penilaian ranah afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis instrumen, penilaian autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:36
Last Modified: 04 Dec 2019 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item View Item