KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PANCURENDANG 2 KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS


Daffa Agthia Hastiningrum , 1401415387 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PANCURENDANG 2 KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PANCURENDANG 2 KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PANCURENDANG 2 KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (740kB) | Preview

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran wajib pada kurikulum pendidikan dasar dan menengah. IPA tidak pernah lepas dari media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk membantu siswa memahami materi. Media prezi dapat digunakan karena penggunaan media prezi dapat mendorong siswa untuk aktif dan meningkatkan minat dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media prezi pada pembelajaran IPA ditinjau dari minat dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Pancurendang 2. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control group. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Pancurendang 2 dan SD Negeri Lesmana 2. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh berjumlah 43 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk menguji validitas empirik dan reliabilitas instrumen. Uji normalitas data menggunakan Lilliefors, uji homogenitas menggunakan Levene, uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample ttest, data minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,373 > 2,019) dan signifikansi 0,022 < 0,05. Data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,075 > 2,019) dan signifikansi 0,000< 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA antara pembelajaran media prezi dengan pembelajaran media gambar. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test data minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,728 > 2,093). Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (7,138> 2,093). Penghitungan minat belajar lebih baik menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (24,05> 20,83). Penghitungan hasil belajar lebih baik menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (27,25> 18,70). Berdasarkan data tersebut disimpulkan penggunaan media prezi lebih efektif dibandingkan dengan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Prezi; Minat Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:37
Last Modified: 04 Dec 2019 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33589

Actions (login required)

View Item View Item