KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP


Ardina Chandra Dewi , 1401415386 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MUJUR KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP) - Published Version
Download (582kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu, guru belum optimal dalam mengaitkanpembelajaran dengan fenomen atau masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model problem based learning terhdap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa digunakan yaitu pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan quasi exprimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini siswa Kelas V SDN Mujur Kecamatan Kroya dan yang menjadi sampel siswa kelas V SDN Mujur 04 sebagai kelas eksperimen dan SDN Mujur 01 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random salmpling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar berupa pretest dan posttest dengan bentuk pilihan ganda. Teknik Analisis data dalam penelitian yaitu analisis data awal dan analisis data akhir berupa uji normalitas dan uji homogenitas, untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t-tes. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel (2,366 >1,99), artinya hasil belajar kelas eksrimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang didukung hasil uji NGain menunjukkan peningkatan kelas eksperimen berada pada kriteria sedang yaitu 0,434, sedangkan kelas kontrol berada pada kriteria rendah yaitu 0,239. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model Problem Based Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi Siklus Air pada siswa kelas V SDN Mujur Kecamatan Kroya dibandingkan degan model pembelajaran langsung. Saran yang dapat diberikan pada guru, sebelum pembelajaran berlangsung dengan penerapan model Problem Based Learning untuk materi pembelajaran, alat dan bahan yang akan digunakan serta media pembelajaran perlu dipersiapkan terlebih dahulu karena penerapan model PBL memerlukan waktu yang lama, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; keefektifan; model problem based learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:38
Last Modified: 04 Dec 2019 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33588

Actions (login required)

View Item View Item