PENGARUH PENGGUNAAN LCD PROYEKTOR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Yuni Kurnia Logawati , 1401415382 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN LCD PROYEKTOR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN LCD PROYEKTOR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN LCD PROYEKTOR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL) - Published Version
Download (932kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa. Faktor lain yang memengaruhi hasil belajar siswa adalah penggunaan LCD proyektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LCD proyektor dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Teuku Umar Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Teuku Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, sebanyak 168 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis akhir. Analisis akhir menggunakan korelasi sederhana, regresi sederhana korelasi ganda, regresi ganda, determinasi, dan uji F. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uni normalitas, linearitas,multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian bahwa uji hipotesis penggunaan LCD proyektor bahwa, thitung ≤ ttabel (3,791 > 1,981), sehingga Ha1 diterima. Persentase sumbangan pengaruh penggunaan LCD proyektor terhadap hasil belajar IPS sebesar 10,9%. Penghitungan uji hipotesis minat belajar siswa menunjukkan, thitung > ttabel (2,214 > 1,980) sehingga Ha2 diterima. Persentase sumbangan pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPS sebesar 4,0%. Berdasarkan hasil pengujian variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen menunjukkan, thitung > ttabel (7,909 > 3,074) sehinnga Ha3 diterima. Persentase sumbangan pengaruh penggunaan LCD proyektor dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS sebesar 10,5%. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penggunaan LCD proyektor dan minat belajar siswa memengaruhi hasil belajar IPS. Guru hendaknya sering menggunakan LCD proyektor dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sekolah hendaknya memfasilitasi LCD proyektor tiap-tiap ruang kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, LCD proyektor, dan minat belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:39
Last Modified: 04 Dec 2019 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33587

Actions (login required)

View Item View Item