KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SLAWI KULON 3 KABUPATEN TEGAL
Nita Komalasari , 1401415378 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SLAWI KULON 3 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SLAWI KULON 3 KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Model Jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah menjadikan pembelajaran yang disampaikan akan lebih menarik perhatian, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga dengan perhatian akan timbul rangsangan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan model Jigsaw dengan pendekatan pemecahan masalah dengan yang menggunakan model konvensional pada materi interpretasi data di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Slawi Kulon 3 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 56 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V B dan V C. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas V B sebagai kelas kontrol dan kelas V C sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V A SDN Slawi Kulon 3 Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis minat belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (2,506 > 2,005), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,518 > 2,052), sehingga H03 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,223 > 2,005), sehingga H02 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (2,931 > 2,052) , sehingga H04 ditolak. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa menjadi bahan referensi bagi guru dan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran matematika di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Minat Belajar; Model Jigsaw; Pembelajaran Matematika; Pendekatan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:41 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33585 |
Actions (login required)
View Item |