PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Indri Septi Ningsih , 1401415373 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di kelas dapat diketahui apabila tujuan instruksional pembelajaran dapat dicapai oleh siswa. Pencapaian tujuan tersebut dapat diketahui dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar IPS siswa, diantaranya gaya belajar dan pola asuh orangtua. Perbedaan gaya belajar yang dimiliki siswa serta pola asuh yang diterapkan oleh orangtua dapat menghasilkan hasil belajar IPS yang beragam pula. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 223 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan an mengenai data setiap variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan sumbangan pengaruh sebesar 48%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan sumbangan pengaruh sebesar 21,2%; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar dan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan sumbangan pengaruh sebesar 55,9%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan orangtua, guru, dan sekolah saling berkomunikasi dan bekerjasama dalam memerhatikan perkembangan pendidikan siswa. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan kemampuan siswa dalam mencapai hasil belajar IPS yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, pola asuh orangtua, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:41
Last Modified: 04 Dec 2019 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33584

Actions (login required)

View Item View Item