HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Yunita Ayuningtiyas , 1401415372 (2019) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (782kB) | Preview |
Abstract
Disiplin belajar dan interaksi sosial merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa terdapat 54 (37%) siswa yang memiliki disiplin belajar masih rendah, terdapat 59 (40%) interaksi siswa dengan siswa lainnya masih kurang, selain itu terdapat 87 (59%) siswa hasil belajarnya belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (2) Menguji hubungan antara interaksi sosial dengan hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (3) Menguji hubungan displin belajar dan interaksi sosial secara bersama-sama dengan hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa kelas IV SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi rhitung = 0,629 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 39,6%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi rhitung = 0,646 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 41,7%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan interaksi sosial secara bersamasama dengan hasil belajar, dengan koefisien korelasi rhitung = 0,745 termasuk kategori kuat dan Fhitung = 71,663 serta berkontribusi sebesar 55,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan interaksi sosial secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat menumbuhkan dan meningkatkan disiplin belajar dan interaksi sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin belajar; hasil belajar; interaksi sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:42 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33583 |
Actions (login required)
View Item |