KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF PERUBAHAN WUJUD BENDA BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG


Syahrul Sobirin , 1401415370 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF PERUBAHAN WUJUD BENDA BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF PERUBAHAN WUJUD BENDA BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF PERUBAHAN WUJUD BENDA BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (910kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian di kelas V SDN di Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang didapat bahwa hasil belajar IPA kurang maksimal dikarenakan penggunaan media pembelajaran oleh guru yang kurang bervariasi, sehingga siswa kurang menyukai muatan pembelajaran IPA, selain itu penggunaan media pembelajaran yang tersedia di sekolah masih terbatas, termasuk media pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan hasil belajar IPA setelah diterapkan media pembelajaran game interaktif perubahan wujud benda berbasis mobile dan menguji keefektifan media pembelajaran game interaktif perubahan wujud benda berbasis mobile terhadap hasil belajar IPA Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Kedungpane 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Kedungpane 01 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game intetaktif perubahan wujud benda berbasis mobile efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 4,086, sedangkan nilai ttabel yaitu 0,000. thitung lebih besar dari ttabel (4,086 ˃ 0,000) yang berarti media pembelajaran game intetaktif perubahan wujud benda berbasis mobile lebih efektif terhadap hasil belajar IPA. Hasil uji N gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai N gain kelas kontrol adalah 0,218 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai N gain kelas eksperimen adalah 0,467 termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu game intetaktif perubahan wujud benda berbasis mobile efektif digunakan pada pembelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan game interaktif berbasis mobile sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu penguasaan teknologi yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efekif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; game interaktif; hasil belajar; IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:43
Last Modified: 04 Dec 2019 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33582

Actions (login required)

View Item View Item