KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG


Ovina Dilly Ardiani , 1401415368 (2019) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (814kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang yang belum optimal. Materi pada muatan pembelajaran IPA yang relatif banyak menuntut siswa untuk memahami materi secara mendalam dan guru belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran inovatif karena terbatasnya alat yang disediakan di sekolah. Permasalahan tersebut membuat siswa cenderung kurang antusias dalam belajar dan terlihat bosan dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan menerapkan multimedia pembelajaran berbasis game karena media tersebut memungkinkan siswa untuk memahami materi yang banyak dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji keefektifan penerapan multimedia pembelajaran berbasis game terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan melibatkan sampel sebanyak 44 siswa kelas V dari SDN Jatibarang 01 dan SDN Jatibarang 02 yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang di butuhkan menggunakan tes, wawancara, observasi, angket, dan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas data, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t, dan n gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji hipotesis 1 mengenai ketuntasan klasikal belajar multimedia pembelajaran berbasis game diperoleh Sig. 0,137 > 0.05 maka pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran berbasis game dikatakan tuntas secara klasikal. Hasil uji hipotesis 2 dengan menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa thitung = 2,079 dan signifikansinya sebesar 0,074. Nilai thitung > ttabel (2,079 > 0,044) menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis game efektif terhadap hasil belajar IPA. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu nilai 0,36 > 0,21 menunjukkan pengaruh positif penerapan multimedia pembelajaran berbasis game. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia pembelajaran berbasis game efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V Gugus Budi Utomo Kota Semarang. Saran bagi pihak sekolah sebaiknya mendukung adanya penerapan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif pemilihan media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga siswa antusias dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Multimedia game, Hasil Belajar, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 18:15
Last Modified: 03 Dec 2019 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33580

Actions (login required)

View Item View Item