KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS DWIJA HARAPAN SEMARANG


Mulidah Kusmiyatun , 1401415364 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS DWIJA HARAPAN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS DWIJA HARAPAN SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS DWIJA HARAPAN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013, proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Seharusnya dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat. Namun pada kenyataannya guru hanya terbiasa dengan model pembelajaran langsung dengan media gambar sehingga hasil belajar matematika siswa kelas III SDN di Gugus Dwija Harapan belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media geoboard lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model discovery learning berbantuan media geoboard terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Gugus Dwija Harapan. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dengan populasi siswa kelas III SDN Gugus Dwija Harapan. Hasil pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu siswa SDN Wonolopo 01 A sebagai kelas eksperimen, siswa SDN Wonolopo 01 B sebagai kelas kontrol dan siswa SDN Wonolopo 03 sebagai kelas uji coba. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada ranah kognitif. Sedangkan variabel bebasnya adalah model discovery learning berbantuan media geoboard. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model discovery learning berbantuan media geoboard lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol tidak. Rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model discovery learning berbantuan media geoboard lebih dari rata-rata pada hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar. Hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,68 dan kelas kontrol sebesar 0,37 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media geoboard lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar. Saran dari penelitian ini yaitu menggunakan model discovery learning berbantuan media geoboard dalam pembelajaran di kelas sebaiknya dapat memberikan pengalaman langsung sehingga pembelajaran lebih bermakna dengan menemukan konsep matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning; geoboard; matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 18:16
Last Modified: 03 Dec 2019 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33579

Actions (login required)

View Item View Item