KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD/MI GUGUS JOKO TINGKIR SALATIGA


Muhammad Fatkhur Roziq , 1401415363 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD/MI GUGUS JOKO TINGKIR SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD/MI GUGUS JOKO TINGKIR SALATIGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD/MI GUGUS JOKO TINGKIR SALATIGA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia banyak siswa yang kurang tertarik mengikuti pelajaran matematika karena anggapan mereka terhadap mata pelajaran matematika yang sulit. Permasalahan tersebut juga ditemukan pada siswa kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga dimana siswa kurang antusias dalam pembelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran CTL dengan media tangram terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga yang terdiri dari 7 SD/MI, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling, terdiri dari siswa SDN Tingkir Lor 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN Tingkir Lor 02 sebagai kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran CTL dengan media tangram dan model pembelajaran langsung dengan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL dengan media tangram pada kelas eksperimen lebih efektif daripada model pembelajaran langsung dengan media gambar pada kelas kontrol dengan ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol tidak, thitung (3,6657) > ttabel (1,67) dan n-gain kelas eksperimen (0,7046) > kelas kontrol (0,5887). Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CTL dengan media tangram lebih efektif daripada kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD/MI Gugus Joko Tingkir Salatiga. Saran penelitian yaitu pengunaan model pembelajaran dengan media tertentu dalam pembelajaran di kelas sebaiknya dapat memberikan pengalaman bermakna untuk siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa kesulitan mengikuti pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; Matematika; Tangram
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 18:18
Last Modified: 03 Dec 2019 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33578

Actions (login required)

View Item View Item