KEEFEKTIFAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GENUK SEMARANG
Amat Agung Hidayat , 1401415361 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GENUK SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GENUK SEMARANG)
- Published Version
Download (716kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru, kurangnya pemahaman siswa tentang operasi hitung perkalian dan pembagian. Guru lebih dominan dominan dalam kegiatan pembelajaran karena menggunakan metode ceramah, menggunakan media gambar dan memberikan latihan soal. Siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model PjBL terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Genuk Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent kontrol grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Semarang terdiri dari 6 SD. Pengambilan sampel menggunakan teknik claster sampling, dengan hasil SD Gebangsari 02 sebagai kelas eksperimen, SD Gebangsari 01 sebagai kelas kontrol dan SD Gebangsari 03 sebagai kelas uji coba soal. Variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Variabel bebas adalah model PjBL berbantuan soal open ended. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) hasil uji ketuntasan belajar menggunakan uji z kelas eksperimen diperoleh zhitung 2,92 > ztabel 1,64 dan kelas kontrol zhitung 0,31 < ztabel 1,64 yang berarti ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75%, dan kelas kontrol tidak mencapai 75%. (2) hasil uji perbedaan rata-rata hasil belajar menggunakan uji t diperoleh hasil thitung 5,69 > ttabel 1,67 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) hasil penghitungan uji N-gain kelas eksprimen 0,7034 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol 0,5243 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan soal open ended efektif digunakan pada materi geometri jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Semarang. Saran penelitian yaitu dalam pemilihan model pembelajaran sebaiknya guru memilih model yang dapat membantu keaktifan siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL; Soal Open Ended; Matematika; Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 18:25 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 18:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33577 |
Actions (login required)
View Item |