PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AJAR DIGITAL BERBASIS ADOBE FLASH PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN KEDUMULYO 02 SUKOLILO
Tiya Muflihatuz Zahro , 1401415353 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AJAR DIGITAL BERBASIS ADOBE FLASH PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN KEDUMULYO 02 SUKOLILO. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AJAR DIGITAL BERBASIS ADOBE FLASH PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN KEDUMULYO 02 SUKOLILO)
- Published Version
Download (767kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa muatan pelajaran ke dalam satu tema tertentu. Berdarakan data pra penelitian yang dilakukan peneliti di SD Negeri Kedumulyo 02 Sukolilo melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran tematik terkait penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal dan variatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media buku ajar digital berbasis adobe flash. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media buku ajar digital berbasis aadobe flash pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada teori Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desai, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kedumulyo 02 Sukolilo berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji t-test dan uji peningkatan rata-rata (gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku ajar digital berbasis adobe flash pada pembelajaran tematik sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasar hasil presentase penilaian ahli materi sebesar 83,3% dan ahli media sebesar 80%. Selain itu media buku ajar digital berbasis adobe flash efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 7, 407 > ttabel = 2,060 , maka Ha diterima. Hasil uji peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,719 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media buku ajar digital berbasis adobe flash sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik tema daerah tempat tingalku subtema 2 pembelajaran 3. Saran agar pembelajaran tematik menggunakan media pembelajaran interaktif seperti buku ajar digital berbasis adobe flash.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media buku ajar digital; pembelajaran tematik; Adobe Flash |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 17:50 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 17:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33576 |
Actions (login required)
View Item |