KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SDN GUGUS CENDANA KABUPATEN BLORA


Zulfatun Nashihah , 1401415351 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SDN GUGUS CENDANA KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SDN GUGUS CENDANA KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SDN GUGUS CENDANA KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan peneliti pada semester gasal 2018/2019 di kelas V SDN Gugus Cendana Kabupaten Blora bahwa pembelajaran bahasa Jawa belum mencapai hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Jawa rendah, model yang digunakan oleh guru kurang variatif dan media yang digunakan masih terbatas, sehingga membuat nilai bahasa Jawa siswa tidak maksimal. Perlu adanya suatu model pembelajaran dan media yang dapat membuat pembelajaran bahasa Jawa lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran kancing gemerincing berbantuan media visual terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa dibandingkan dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian sebanyak 103 dan sampel 36 siswa di SDN Gugus Cendana Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berbagai rancangan pembelajaran, soal tes dan lembar pengamatan pembelajaran dan aktivitas siswa. Teknik analisis data dan pelaporan dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji sample t-test, uji N-Gain dan mengamati dengan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Variabel dalam peneitian ini adalah model pembelajaran kancing gemerincing berbantuan media visual dan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas V. Hasil uji hipotesis menggunakan uji sample t-test menunjukkan thitung = 3,067, dan ttabel = 2,032, thitung > ttabel (3,067 > 2,032) berarti model pembelajaran kancing gemerincing berbantuan media visual lebih efektif terhadap hasil belajar bahasa Jawa. Nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,029 tergolong kriteria rendah dan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,52 tergolong kriteria sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata skor aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,5% dibandingkan kelas kontrol yaitu 62%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran kancing gemerincing berbantuan media visual efektif terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas V SDN Gugus Cendana. Saran peneliti yaitu model pembelajaran kancing gemerincing berbantuan media visual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk memberikan kempatan yang sama pada siswa, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, kancing gemerincing, media visual, hasil belajar, bahasa Jawa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 17:51
Last Modified: 03 Dec 2019 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33575

Actions (login required)

View Item View Item