HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SIDOMUKTI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG


Saskia Ardiana Putri , 1401415347 (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SIDOMUKTI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SIDOMUKTI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SIDOMUKTI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada kelas V SD Gugus Sidomukti Kecamatan Pedurungan Kota Semarang menunjukkan bahwa hasil belajar Penilaian Akhir Semester 1 pada muatan pelajaran IPS rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS rendah adalah penggunaan media pembelajaran dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan penggunaan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 151 siswa. Pengambilan sampel dengan sampel jenuh diperoleh 151 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran pembelajaran pada kriteria sangat tinggi dengan rata-rata 89%; (2) Minat belajar pada kriteria tinggi dengan rata-rata 73%; (3) Hasil belajar IPS dalam kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 77%; (4) Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,804 > 0,1603 dengan tingkat hubungan yang kuat; (5) Terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,738 > 0,1603 dengan tingkat hubungan yang sedang; (6) Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,822 > 0,1603 dengan tingkat hubungan yang kuat; (7) Kontribusi penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar IPS sebesar 58,8%; (8) Kontribusi minat belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 27,5%; (9) Kontribusi penggunaan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 67,5%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Sidomukti Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat meningkatkan penggunaan media pembelajaran dan siswa dapat meningkatkan minat belajar selama pembelajaran untuk lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, minat belajar, penggunaan media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 17:53
Last Modified: 03 Dec 2019 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33574

Actions (login required)

View Item View Item