HUBUNGAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Ayu Safitri , 1401415349 (2019) HUBUNGAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (989kB) | Preview

Abstract

Hasil riset yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada bulan Maret 2016 lalu dengan tajuk “Most Littered Nation in The World” menyatakan bahwa infrastruktur Indonesia untuk kegiatan membaca menduduki peringkat di atas negara-negara Eropa. Akan tetapi, kedudukan Indonesia dalam hal membaca mendapatkan peringkat ke-60 dari 61 negara (Maharani, dkk, 2017:2). Hasil penelitian ini berkebalikan dengan permasalahan yang ditemukan peneliti bahwa pada kenyataannya minat baca anak sudah cukup baik namun belum diimbangi fasilitas yang memadai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana fasilitas perpustakaan; (2) bagaimana pelayanan perpustakaan; (3) bagaimana minat baca siswa; (4) apakah ada hubungan antara fasilitas perpustakaan dengan minat baca siswa; (5) apakah ada hubungan antara pelayanan perpustakaan dengan minat baca siswa; (6) apakah ada hubungan antara fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan dengan minat baca siswa. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi fasilitas perpustakaan, pelayanan perpustakaan dan minat baca siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 183 siswa dan diambil sampel sebanyak 147 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen wawancara, instrumen angket, dan instrumen observasi. Teknik analisis awal menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) fasilitas perpustakaan tergolong sangat baik yaitu sebanyak 63,27%; (2) pelayanan perpustakaan tergolong baik yaitu sebanyak 51,02%; (3) minat baca siswa tergolong sangat baik yaitu sebanyak 61,90%; (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas perpustakaan dengan minat baca siswa sebesar 0,628; (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan perpustakaan dengan minat baca siswa sebesar 0,625; (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan dengan minat baca siswa sebesar 0,716. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan fasilitas perpustakaan dan pelayanan perpustakaan dengan minat baca siswa kelas IV SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu sekolah, guru, dan siswa perlu mengupayakan pemanfaatan perpustakaan yang optimal, serta petugas perpustakaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan agar minat baca siswa meningkat. Diharapkan pula penelitian ini dapat dijadikan referensi mengembangkan penelitian selanjutnya yang sejenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas perpustakaan, pelayanan perpustakaan, minat baca siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 17:52
Last Modified: 03 Dec 2019 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33573

Actions (login required)

View Item View Item