HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN BATURETNO


Okvianur Tri Indawati, 1401415343 (2019) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN BATURETNO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN BATURETNO]
Preview
PDF (HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN BATURETNO) - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Permasalahan sering dijumpai pada setiap jenjang pendidikan. Termasuk di SDN Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Baturetno yang menunjukkan nilai hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa yang rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya kemampuan siswa dalam berinteraksi sosial dan kesadaran dalam kemandirian belajar yang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan interaksi sosial dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Baturetno. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh dengan jumlah responden 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunkan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskiptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Baturetno, dengan rhitung 0,795 serta berkontribusi sebesar 62,9%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Baturetno, dengan rhitung 0,842 serta berkontribusi sebesar 70,6%; (3) terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Baturetno, dengan rhitung 0,879 serta berkontribusis sebesar 76,9%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antar interaksi sosial dan kemandirian terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Baturetno. Saran bagi siswa adalah untuk semangat dalam belajar, meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial, meningkatkan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; interaksi sosial; kemandirian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 17:53
Last Modified: 03 Dec 2019 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33572

Actions (login required)

View Item View Item