HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS GATOT SUBROTO KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG


Mundiyatun , 1401415342 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS GATOT SUBROTO KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS GATOT SUBROTO KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS GATOT SUBROTO KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena di SDN Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang yang menunjukkan siswa kelas V memiliki permasalahan pada hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS, gambaran motivasi belajar siswa, gambaran fasilitas belajar siswa, hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa, hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa, serta hubungan motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1), dan fasilitas belajar (X2). Sedangkan variabel terikat dalam peneliian ini adalah hasil belajar IPS (Y). Populasi penelitian sebanyak 166 siswa kelas V. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Validitas diuji menggunakan rumus Product Moment, dan reabiltasnya diuji menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, korelasi sederhana, korelasi ganda regresi linier sederhana, dan regresi linier ganda. Hasil analisis deskriptif statistik menunjukkan hasil belajar IPS dalam kategori cukup baik dengan rata-rata nilai 73, motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi dengan rata-rata skor 75 sedangkan fasilitas belajar siswa termasuk kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor 82 . Dari analisis regresi linier menunjukkan (1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS sebesar16,5%; diperoleh hasil thitung = 5,142 dengan nilai sig = 0,00 < 0,05; (2) ada hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 4,3%; diperoleh hasil thitung = 2,451 dengan nilai sig = 0,016 < 0,05; serta (3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 16,9%; diperoleh hasil Fhitung = 13,501 dengan nilai sig = 0,00 < 0,05. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Disarankan untuk menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta memperbaiki dan memanfaatkan fasilitas belajar agar prestasi belajar siswa optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar, hasil belajar IPS, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 15:58
Last Modified: 03 Dec 2019 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33571

Actions (login required)

View Item View Item