HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJAHARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG
Lukmanul Hakim , 1401415340 (2019) HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJAHARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJAHARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (907kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Keaktifan dan kemandirian menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Gugus Dwija Harapan diketahui bahwa keaktifan dan kemandirian siswa masih rendah ditandai dengan kurangnya percaya diri dan inisiatif siswa masih perlu ditingkatkan serta siswa masih belum bisa mandiri dalam menyelesaikan persoalan dalam belajar, selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendahditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara keaktifan dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara keaktifan dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang yang berjumlah 205. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Propotional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang, dengan rhitung 0,269 serta berkontribusi sebesar 7,2%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamantan Mijen Kota Semarang, dengan rhitung 0,567 serta berkontribusi sebesar 32,1%; (3) terdapat hubungan yang positif antara keaktifan dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan, dengan rhitung 0,625 serta berkontribusis sebesar 39,1%.. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkam bahwa ada hubungan keaktifan dan kemandirian dengan hasil belajar IPS Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa dan guru dapat bekerjasama dengan wali siswa untuk memantau proses belajar siswa saat di rumah, sehingga keaktifan dan kemandirian siswa menjadi baik dan dapat memeperoleh hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPS, Keaktifan, Kemandirian |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 16:06 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 16:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33570 |
Actions (login required)
View Item |