PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN JATISARI MIJEN KOTA SEMARANG


Jesifa Laili Agustika , 1401415334 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN JATISARI MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN JATISARI MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN JATISARI MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permaslahan yang terjadi di kelas IVB SDN Jatisari Kota Semarang. Hasil belajar pada muatan pembelajaran IPS masih rendah karena kurang optimalnya penggunaan media pada pembelajaran IPS. Perlu adanya inovasi dan kreasi pengembangan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan media dan keefektifan media pembelajaran scrapbook untuk hasil belajar muatan pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran scrapbook serta menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran scrapbook untuk hasil belajar IPS. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Develpoment (RnD) yang menganut model pengembangan Sugiyono menggunakan 8 langkah yaitu: 1) potensi masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi; 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Jatisari Kota Semarang dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) media pembelajaran scrapbook dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media 95% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayan materi 96,25% sengan kriteria sangat layak; (2) terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media pembelajaran scrapbook, dimana hasil analisis data menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00; (3) peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 0,59 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran scrapbook dinyatakan layak dan efektif digunakan untuk muatan pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Saran dalam penelitian ini, agar media pembelajaran scrapbook dapat digunakan sebagai salah satu media yang diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, media, scrapbook
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:12
Last Modified: 03 Dec 2019 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33569

Actions (login required)

View Item View Item