KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN


Dedy Mulyana Fitriyanto , 1401415333 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD DI GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil obeservasi, wawancara, dan data hasil belajar yang dilakukan di kelas V SDN Gugus Budi Utomo Semarang didapat bahwa hasil belajar Bahasa Jawa kurang maksimal dikarenakan media yang digunakan guru belum optimal dan sisa kurang tertarik dengan pembelajaran yang ada di kelas. Sehingga perlu adanya perlakuan yaitu menggunakan media game edukasi berbasis android untuk menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran .Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar Bahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Kedungpane 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Kedungpane 01 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game berbasis Android efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Jawa materi membaca Aksara Jawa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3,350, sedangkan nilai ttabel yaitu 0,002. thitung lebih besar dari ttabel (3,350 ˃ 0,002) yang berarti media pembelajaran game berbasis Android lebih efektif terhadap hasil belajar Bahasa Jawa. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,104 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,307 termasuk dalam kriteria sedang. Sehingga terdapat perbedaan anatara kedua media tersebut. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran game berbasis Android efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Jawa dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan media berbasis android sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efekif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi ; Hasil belajar; Keefektifan; Bahasa Jawa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:13
Last Modified: 03 Dec 2019 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33568

Actions (login required)

View Item View Item