HUBUNGAN PERSEPSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KLATEN


Puteri Pinilih Widaningsih , 1401415330 (2019) HUBUNGAN PERSEPSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN PERSEPSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KLATEN]
Preview
PDF (HUBUNGAN PERSEPSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KLATEN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Klaten menunjukkan hasil belajar muatan pembelajaran IPS pada ranah kognitif masih rendah. Ketuntasan hasil belajar muatan pembelajaran IPS SD Negeri Mlese sebesar 40,6%, SD Negeri 1 Pokak sebesar 40%, SD Negeri Pasungan sebesar 55% dan SD Negeri Jombor sebesar 54,6%. Berdasarkan wawancara dengan guru dan siswa, didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar muatan pembelajaran IPS yaitu persepsi negatif siswa dan motivasi berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara persepsi siswa dengan hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa; (3) menguji hubungan antara persepsi siswa dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 122 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling didapatkan 102 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis data didapatkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dengan hasil belajar IPS siswa, nilai rhitung = 0,619, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 38,3%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa, nilai rhitung = 0,556, termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 31%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa, nilai rhitung = 0,681, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 46,4% terhadap hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dengan hasil belajar IPS siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa. Saran diharapkan guru dapat memberikan informasi kepada siswa bahwa persepsi siswa dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa; motivasi berprestasi; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:13
Last Modified: 03 Dec 2019 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item View Item