PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO-VISUAL MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG


Nur Fitri Afiyati , 1401415329 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO-VISUAL MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO-VISUAL MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO-VISUAL MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra-penelitian melalui teknik angket dan dan wawancara di SDN Purwoyoso 01 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya inovasi media berbasis teknologi dan ketuntasan klasikal siswa kelas V muatan pembelajaran IPS belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain media interaktif audio-visual, menguji kelayakan media interaktif audio-visual, dan menguji keefektifan media interaktif audio-visual untuk meningkatkan hasil belajar muatan pembelajaran IPS kelas V SDN Purwoyoso 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D). Subjek dalami penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan teknik non tes berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data produk, analisis data awal uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan media interaktif audio-visual dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase kelayakan yaitu 92,68%, dan penilaian kelayakan media sebesar 92,70% dari ahli media. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka media interaktif audio-visual efektif digunakan dalam muatan pembelajaran IPS dengan kriteria sedang. Peningkatan rata-rata n-gain 0,33 termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif audio-visual efektif dan layak digunakan pada muatan pembelajaran IPS pada materi jenis-jenis usaha ekonomi kelompok. Saran bagi guru dan sekolah adalah dapat mengembangkan media interaktif audio-visual untuk efektifitas kegiatan pembelajar di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; interaktif audio-visual; media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:14
Last Modified: 03 Dec 2019 16:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33566

Actions (login required)

View Item View Item