PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV-A SDN KALIBANTENG KULON 02 KOTA SEMARANG


Ghaniy Khaafidhoh Ismawan , 1401415327 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV-A SDN KALIBANTENG KULON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV-A SDN KALIBANTENG KULON 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV-A SDN KALIBANTENG KULON 02 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (902kB) | Preview

Abstract

IPS adalah muatan pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kepekaan siswa terhadap berbagai masalah sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Maka diperlukan media pembelajaran untuk membekali karakter siswa dalam hidup bermasyarakat. Berdasarkan hasil pra penelitian melalui observasi, wawancara dan hasil belajar IPS dikelas IV-A SDN Kalibanteng Kulon 02, menunjukkan nilai IPS tema satu semester satu kelas IV-A SDN Kalibanteng Kulon 02 dari 35 siswa terdapat 14 siswa (40%) yang belum mencapai KKM, sedangkan 21 siswa (60%) lainnya telah mencapai KKM, ditemukan permasalahan model pembelajaran IPS yang digunakan kurang bervariasi dan media yang tersedia masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah menguji kelayakan media pembelajaran diorama untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS materi sumber daya alam, dan menguji keefektifan media pembelajaran diorama untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS materi sumber daya alam di kelas IV-A SDN Kalibanteng Kulon 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall, dengan 8 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; dan 8) uji coba pemakaian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN Kalibanteng Kulon 02, guru kelas IV-A, dan peneliti. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan non tes. Teknik analisis data meng-gunakan, analisis data awal, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini memperoleh skor 60 dalam uji penilaian ahli materi dengan presentase 93,75% dengan kriteria sangat layak dan penilaian ahli media memperoleh skor 62 dengan persentase 91% termasuk kategori sangat layak. Media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 0,01 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,24 dengan kriteria rendah. Simpulan penelitian ini adalah media diorama layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS kelas IV-A SDN Kalibanteng Kulon 02 Kota Semarang. Guru diharapkan mengembangkan media sejenis dengan materi yang berbeda guna menambah variasi pembelajaran, sekolah diharapkan memfasilitasi pendidik mengembangkan media pembelajaran guna menjadi pendidik yang kreatif, inovatif, produktif dan sesuai perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:17
Last Modified: 03 Dec 2019 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33565

Actions (login required)

View Item View Item