KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN GUGUS KEMBANG JOYO PATI


Eva Musmala Dewi N , 1401415326 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN GUGUS KEMBANG JOYO PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN GUGUS KEMBANG JOYO PATI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN GUGUS KEMBANG JOYO PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Muatan pembelajaran IPS sebagai salah satu bidang studi pokok di SD berperan dalam mendidik siswa mengembangkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan agar menjadi warga negara yang baik. Hasil prapenelitian di SDN Gugus Kembang Joyo Pati menunjukkan pembelajaran muatan pembelajaran IPS kurang menarik bagi siswa sehingga pencapaian ketuntasan klasikal lebih rendah daripada mupel yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS kelas V SDN Gugus Kembang Joyo Pati. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Prosedur penelitian menggunakan non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Kembang Joyo Pati. Teknik pemgambilan sampel adalah Cluster random sampling dengan SDN Pati Wetan 01 sebagai kelas uji coba, SDN Pati Wetan 02 sebagai kelas kontrol dan SDN Pati Wetan 03 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pretest-postest dan nontes berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantuan media visual efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat kelas V SDN Gugus Kembang Joyo Pati berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan skor 52 = 92,86% kriteria sangat layak. Hasil uji t sebesar thitung =2,36 > ttabel = 1,703, sehingga Ha diterima. Hasil uji N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (0,66> 0,136) kriteria sedang. Observasi aktivitas siswa menunjukkan rat-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (78,5% > 71,75%) Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project based learning berbantuan media visual efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus Kembang Joyo Pati. Saran agar pembelajaran mupel IPS menggunakan model pembelajaran inovatif seperti model Project Based Learning didukung media yang menarik siswa guna mencapai hasil belajar yang optimal .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar;media visual; mupel IPS; project based learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:18
Last Modified: 03 Dec 2019 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33564

Actions (login required)

View Item View Item