HUBUNGAN DISIPLIN DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG


Muhamad Bisri , 1401415314 (2019) HUBUNGAN DISIPLIN DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN DISIPLIN DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN DISIPLIN DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan temuan hasil belajar siswa dalam mupel PPKn kurang optimal karena dipengaruhi oleh faktor disiplin belajar dan gaya belajar siswa. Disiplin belajar siswa sebagian belum optimal dan gaya belajar siswa yang berbeda-beda sedangkan guru lebih dominan menggunaka metode ceramah dalam mengajar menyebabkan hasil belajar mupel PPKn siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: 1) disiplin belajar dengan hasil belajar mupel PPKn; 2) gaya belajar dengan hasil belajar mupel PPKn; serta 3) disiplin dan gaya belajar dengan hasil belajar mupel PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah propotionate random sampling dengan sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mupel PPKn, didapat nilai rhitung = 0,688 dan termasuk kategori kuat. 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar mupel PPKn, didapat nilai rhitung = 0,239 dan termasuk kategori rendah. dan 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin dan gaya belajar dengan hasil belajar mupel PPKn, didapat nilai rhitung = 0,700 dan termasuk kategori kuat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mupel PPKn, antara gaya belajar dengan hasil belajar mupel PPKn, dan antara disiplin dan gaya belajar dengan hasil belajar mupel PPKn. Saran kepada guru hendaknya meningkatkan kedisiplinan siswa dengan membuat aturan kedisiplinan bersama siswa, mengoptimalkan gaya belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran dan metode mengajar yang bervariasi, serta menggunakan media yang menarik, agar dapat bermanfaat bagi sekolah sebagai informasi untuk meningkatkan hasil belajar mupel PPKn siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar, Gaya belajar, Hasil Belajar mupel PPKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:22
Last Modified: 03 Dec 2019 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33563

Actions (login required)

View Item View Item